Kamis, 03 November 2011

GPRS (General Packet Radio Service)

GPRS (singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service, GPRS) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

Komponen Utama
Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah:
  • GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
  • SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
  • PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS
Kelebihan Dan Kelemahan GPRS
Seperti layananan internet yang lain, General Packet Radio Service (GPRS) juga memiliki kelebihan dan kelemahan, nah apa saja kelebihan dan kekurangan GPRS sebagai media transmisi data? Kurang lebih sebagai berikut tentang kelebihan dan kelemahan GPRS.


Kelebihan GPRS
  1. Dapat mengakses ke rangkaian LAN.
  2. Dapat di gunakan untuk download/ upload file.
  3. Mendukung email.
  4. Mendukung MMS.
  5. Mengakses internet.
  6. Pemakaian biaya dapat di minimalisir.

Kekurangan GPRS
  1. Kecepatan akses yang terbatas.
  2. Modulasi tidak stabil.
  3. Koneksi kadang terputus dengan sendirinya.
  4. Tidak ada media penyimpanan.

Kurang lebih itulah kelebihan dan kelemahan GPRS sebagai media layanan internet, kalau ada yang lebih penting silahkan menambahkan. Jangan lupa baca juga tentang pengertian dan ciri-ciri GPRS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar